Saham Preferen (Preffered Stock)

2 comments


Saham preferen merupakan gabungan (hybrid) antara obligasi dan saham biasa. Artinya selain memiliki karakteristik seperti obligasi, saham preferen juga memiliki karakteristik saham biasa. Sama dengan obligasi, saham preferen memberikan hasil yang tetap kepada pemegangnya.

1.      Prioritas saham preferen
·         Prioritas pembayaran (didahulukan dalam penerimaan dividen).
·         Pemodal mendapatkan dividen tetap setiap tahunnya.
·         Mendapatkan hak kumulatif untuk menerima dividen yang belum dibayar tahun-tahun sebelumnya.
·         Convertible preferred stock; pemodal berhak menukar saham preferen yang dipegangnya dengan saham biasa.
·         Adjustable dividend: pemodal mendapat prioritas pembayaran dividennya menyesuaikan dengan saham biasa.

2.      Risiko saham preferen
·         Dalam situasi di mana emiten bangkrut (pailit) dan harus melakukan likuidasi, maka hak pemegang saham preferen dalam pembayaran hasil likuidasi urutannya berada di bawah pemegang obligasi.
·         Saham preferen yang memberikan dividen tetap, biasanya harganya tidak berubah. Sekalipun perusahaan penerbitnya bisa mencetak laba yang besar. Dengan demikian, pemegang saham preferen yang memberikan dividen tetap tidak akan mendapat penghasilan dari capital gain.

 3.   Macam saham-saham preferen
a.       Nonparticipating preferred stocks; Preferensi atau keistimewaan dividen pemegang saham preferen dibatasi untuk sejumlah tertentu.
b.      Participating preferred stocks; Saham preferen mungkin menerima tambahan dividen jika kondisi tertentu dimungkinkan.
c.       Cummulative preferred stocks;  Saham preferen mungkin berisi provisi tertentu jika dividen preferen reguler tidak dijanjikan (telah berlalu) oleh pemegang saham. Provisi ini umumnya melarang pembayaran jumlah tertentu dividen saham biasa jika dividen saham preferen belum dibayar. Saham preferen seperti ini disebut saham preferen kumulatif dalam in arrears.
d.      Noncummulative preferred stocks. Saham preferen yang tidak memiliki kumulatif disebut dengan saham preferen nonkumulatif.
e.       Callable preferred stocks; Saham preferen dalam kondisi tertentu dapat ditebus.