Keputusan memilih media periklanan

No Comments
Keputusan memilih media periklanan
Keputusan media didului perumusan jangkauan, frekuensi, pengaruh yang di inginkan, memilih media, memilih sarana media, memilih penjadwalan media, dan memutuskan alokasi media secara geografis.

Jangkauan adalah jumlah orang atau rumah tangga yang melihat paparan media tertentu, setidaknya sekali dalam periode tertentu. Frekuensi adalah banyaknya rata rata orang atau rumah tangga melihat paparan pesan dalam suatu periode tertentu. Pengaruh merupakan nilai kualitas suatu paparan melalui media tertentu”

Yang perlu dipertimbangkan dalam meilih media adalah jangkauan, frekuensi dan pengaruhnya. Di samping itu harus dipertimbangkan pula biaya, keunggulan, dan kendalanya. Selanjutnya, pengiklan mencari media yang paling efektif-biaya di antara media yang terpilih dan menentukan pilihan di antara yang ada.

Pengiklan menghadapi masalah penjadwalan mikro dan penjadwalan makro. Masalah penjadwalan mikro adalah masalah alokasi biaya iklan dalam periode waktu yang pendek untuk memperoleh pengaruh maksimal, sedangkan masalah penjadwalan makro adalah masalah penjadwalan iklan sehubungan dengan kecenderungan musiman dan siklus bisnis.

Pengiklan harus menentukan alokasi geografis, yaitu apakah lokal, nasional, atau global. Kalau pasar yang dibidik lokal, sebaiknya memilih lokal, sebaliknya kalau yang mau dibidik adalah global, maka harus memilih alokasi global