1.Electronic Commerce memungkinkan pelanggan untuk
berbelanja atau melakukan transaksi lain selama 24jam sehari sepanjang tahun
dari hampir setiap lokasi.
2.Electronic Commerce memberikan lebih banyak pilihan
kepada pelanggan; mereka bisa memilih berbagai produk dari banyak vendor.
3.Electronic Commerce menyediakan produk dan jasa yang
tidak mahal kepada pelanggan dengan cara mengunjungi banyak tempat dan
melakukan pembandingan secara cepat
4.Dalam beberapa kasus, khususnya pada produk produk
yang digitized, EC menjandikan pengiriman menjadi sangat cepat.
5.Pelanggan bisa menerima informasi yang relevan
secara detail dalam hitungan detik, bukan lagi hari atau minggu.
6. Electronic
Commerce memungkinkan partisipasi dalam pelelangan maya(virtual action)
7. Electronic
Commerce memberi tempat bagi para pelanggan untuk berinteraksi dengan pelanggan
lain di electronic community dan bertukar pikiran serta pengalaman
8.Electronic Commerce memudahkan persaingan, yang pada
akhirnya akan menghasilkan diskon secara subtansial
9. Electronic
Commerce memungkinkan orang untuk bekerja di dalam rumah dan tidak harus keluar
rumah untuk berbelanja . ini berakibat menurunnya kepadatan lalu lintas di
jalan serta mengurangi polusi udara
10.Electronic Commerce memungkinkan sejumlah barang
dagangan dijual dengan harga lebih rendah, sehingga orang yang kurang mampu
bisa membeli lebih banyak yang pada gilirannya akan meningkatkan taraf hidup
mereka
11.Electronic Commerce memungkinkan orang di negara
negara dunia ketiga dan wilayah pedesaan untuk menikmati aneka produk dan jasa
yang akan susah mereka dapatkan tanpa EC. Ini juga termasuk peluang untuk
belajar berprofesi serta mendapatkan gelar akademik
12. Electronic
Commerce memfasilitasi layanan publik, seperti perawatan, kesehatan,
pendidikan, dan pemerataan layanan sosial yang dilaksanakan pemerintah dengan
biaya yang lebih rendah, dan atau dengan kualitas yang lebih baik. Layanan
perawatan kesehatan misalnya bisa menjangkau pasiien di daerah pedesaan