![]() |
E-Commerce |
Penggolongan e-Commerce yang lazim
dilakukan orang ialah berdasar sifat transaksinya. Tipe tipe berikut segera
bisa dibedakan:
1. Business to business(B2B) kebanyakan e Commerce yang
diterapkan saat ini merupakan tipe B2B. e-Commerce tipe ini meliputi transaksi
IOS yang digambarkan tadi serta transsaksi antar organisasi yang dilakukan di
elektronik market. Contohnya Wal-Mart dengan Warner-Lambert
2. Business to Costumer(B2C) ini merupakan transaksi
eceran dengan pembeli perorangan. Pembeli khas di Amazon.com adalah seorang
konsumen atau seorang pelanggan.Contoh lain, misalnya Barnes & Nobles,
Cisco, Dell, Compaq, dan sebagainya.
3. Costumer to Costumer (C2C) Dalam kategori ini seorang
konsumen menjual secara langsung ke konsumen lainnya. Contohnya adalah ketika
ada perorangan yang melakukan penjualan di classified ads (misanya
ww.classified2000.com) dan menjual properti rumah, hunian, mobil, dan
sebagainya. Mengiklankan jasa pribadi di internet serta menjual pengetahuan dan
keahlian merupakan contoh C2C. Sejumlah situs pelelangan memungkinkan
perorangan untuk memasukan item item agar disertakan dalam pelelangan.
Akhirnya, banyak perseorangan yang menggunakan internet dan jaringan organisasi
untuk mengiklankan item item yang akan dijual atau juga menawarkan aneka jasa.
Contoh lain yang terkenal adalah e-Bay.com yaitu perusahaan lelang.
4. Customer to bussines. Termasuk ke dalam kategori ini
adalah perseorangan yang menjual produk atau layanan ke organisasi, dan
perseorangan yang mencari penjual, berinteraksi dengan mereka dan menyepakatu
suatu transaksi
5. Nonbussines e-Commerce. Dewasa ini makin banyak
lembaga non bisnis seperti lembaga akademis, organisasi nirlaba, organisasi
keagamaan, organisasi sosial, dan lembaga embaga pemerintahan yang menggunakan
berbagai tipe e-Commerce untuk mengurangi biaya atau untuk meningkatkan operasi
dan layanan publik. Misalnya Social Security Online
6. Intrabusiness (Organizational) e-Commerce. Yang
termasuk dalam kategori ini adalah semua aktivitas intern organisasi, biasanya
dijalankan di internet yang melibatkan pertukaran barang,jasa atau informasi.
Aktivitas yang tercakup dapat beragam tingkatannya. Mulai penjualan produk
perusahaan ke pekerja, hingga pelatihan secara online dan pemangkasan biaya.
Perhatikan bahwa apa yang penulis sebut sebagai IOS merupakan bagian dari B2B.
Elektronik market, di sisi lain dapat diasosiasikan dengan B2B ataupun B2C