Penggolongan e-Commerce

No Comments
E-Commerce
E-Commerce
Penggolongan e-Commerce yang lazim dilakukan orang ialah berdasar sifat transaksinya. Tipe tipe berikut segera bisa dibedakan:

1.       Business to business(B2B) kebanyakan e Commerce yang diterapkan saat ini merupakan tipe B2B. e-Commerce tipe ini meliputi transaksi IOS yang digambarkan tadi serta transsaksi antar organisasi yang dilakukan di elektronik market. Contohnya Wal-Mart dengan Warner-Lambert

2.       Business to Costumer(B2C) ini merupakan transaksi eceran dengan pembeli perorangan. Pembeli khas di Amazon.com adalah seorang konsumen atau seorang pelanggan.Contoh lain, misalnya Barnes & Nobles, Cisco, Dell, Compaq, dan sebagainya.

3.       Costumer to Costumer (C2C) Dalam kategori ini seorang konsumen menjual secara langsung ke konsumen lainnya. Contohnya adalah ketika ada perorangan yang melakukan penjualan di classified ads (misanya ww.classified2000.com) dan menjual properti rumah, hunian, mobil, dan sebagainya. Mengiklankan jasa pribadi di internet serta menjual pengetahuan dan keahlian merupakan contoh C2C. Sejumlah situs pelelangan memungkinkan perorangan untuk memasukan item item agar disertakan dalam pelelangan. Akhirnya, banyak perseorangan yang menggunakan internet dan jaringan organisasi untuk mengiklankan item item yang akan dijual atau juga menawarkan aneka jasa. Contoh lain yang terkenal adalah e-Bay.com yaitu perusahaan lelang.

4.       Customer to bussines. Termasuk ke dalam kategori ini adalah perseorangan yang menjual produk atau layanan ke organisasi, dan perseorangan yang mencari penjual, berinteraksi dengan mereka dan menyepakatu suatu transaksi

5.       Nonbussines e-Commerce. Dewasa ini makin banyak lembaga non bisnis seperti lembaga akademis, organisasi nirlaba, organisasi keagamaan, organisasi sosial, dan lembaga embaga pemerintahan yang menggunakan berbagai tipe e-Commerce untuk mengurangi biaya atau untuk meningkatkan operasi dan layanan publik. Misalnya Social Security Online

6.       Intrabusiness (Organizational) e-Commerce. Yang termasuk dalam kategori ini adalah semua aktivitas intern organisasi, biasanya dijalankan di internet yang melibatkan pertukaran barang,jasa atau informasi. Aktivitas yang tercakup dapat beragam tingkatannya. Mulai penjualan produk perusahaan ke pekerja, hingga pelatihan secara online dan pemangkasan biaya. Perhatikan bahwa apa yang penulis sebut sebagai IOS merupakan bagian dari B2B. Elektronik market, di sisi lain dapat diasosiasikan dengan B2B ataupun B2C